Selasa, 04 Juli 2017
Prinsip Kerja Mesin 4 Langkah
1.Langkah Hisap
dalam langkah ini, campuran udara dan bensin dihisap ke dalam silinder. katup hisap terbuka sedangkan katup buang tertutup. waktu torak bergerak ke bawah , menyebabkan ruang silinder menjadi vakum, masuknya campuran udara dan bensin ke dalam silinder disebabkan adanya tekanan udara luar ( atmospheric Pressure ).
2.Langkah Kompresi
dalam langkah ini , campuran udara dan bensin di kompresikan. katup hisap dan katup buang tertutup. waktu torak mulai naik dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA) campuran yang dihisap tadi dikompresikan. akibatnya tekanan dan temperaturnya menjadi naik , sehingga akan mudah terbakar. poros engkol berputar satu kali , ketika torak mencapai TMA .
3.Langkah Usaha
dalam langkah ini, mesin menghasilkan tenaga untuk menggerakkan kendaraan. sesaat sebelum torak mencapai TMA pada saat langkah kompresi, busi memberi loncatan api pada campuran yang telah di kompresikan . dengan terjadinya pembakaran , kekuatan dari tekanan gas pembakaran yang tinggi mendorong torak ke bawah, usaha ini yang menjadi tenaga mesin (Engine Power )
4.Langkah Buang
dalam langkah ini , gas yang terbakar dibuang dari dalam silinder . katup buang terbuka , torak bergerak dari TMB ke TMA , mendorong gas bekas ke luar silinder .
ketika torak mencapai TMA , akan mulai bergerak lagi untuk persiapan berikutnya , yaitu langkah hisap , poros engkol telah melakukan 2 putaran penuh dalam 1 siklus tediri dari 4 langkah , hisap , kompresi , usaha , buang yang merupakan dasar kerja dari pada mesin 4 langkah.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar